Alat dan Media Menggambar Wajah

Alat dan media menggambar wajah sangat bervariasi, ada yang menggunakan pensil, pensil warna, arang,  cat air, cat minyak, crayon, pastel, dll. Sedangkan media yang sering digunakan adalah kertas, kain, tembok, kulit dll.
Namun di sini saya akan menjelaskan alat dan media yang biasanya saya gunakan, karena tiap drawer mempunyai resep dan tekniknya masing-masing.
Alat dan media yang saya gunakan dalam menggambar wajah disini sederhana saja, banyak dijual di Toko Buku dan Gramedia terdekat ,yaitu :

1. Pensil biasa 
Pensil biasa yang saya maksud disini adalah  pensil graphite (pensil yang biasanya buat ujian sekolah) di sini saya memakai merk Faber Castell, dengan tingkat kehitaman 2B dan 8B.



2. Pensil Mekanik 
Pensil mekanik merupakan pensil yang ketika habis dapat diisi ulang tanpa harus merautnya. Pensil ini mempunyai refil yang berdiameter 0,3mm dan 0,5mm. Dalam menggambar digunakan untuk menggambar rambut dan bagian detil kecil lainnya. Saya menggunakan refill 2b 0,5mm, karena mencari di toko buku yang lebih hitam dari itu susah.


3. Penghapus
Sebenarnya ada beberapa macam penghapus yang digunakan oleh drawer, baik yang biasa, yang bisa dibentuk, maupun yang elektrik. Namun yang saya gunakan adalah yang biasa, yang banyak djual di toko, merk apa saja cocok bagi saya.



4. Tortilon dan Tisu/Kapas
Semuanya sama, berfungsi untuk menghaluskan arsiran. Saya perlu ini karena teknik yang saya gunakan adalah teknik dussel/gosok. Tortillon adalah gulungan tisu yang dibentuk menyerupai pensil, digunakan untuk menghaluskan sudut dan bagian gambar yang sempit. Untuk tisu/kapas digunakan untuk menghaluskan arsiran yang besar, bisa juga untuk lap keringat/ingus anda saat gambar.



5. Kertas Gambar
Kertas gambar yang saya gunakan adalah kertas gambar sketbook biasa, ukuran A4, A3, dan kertas manila. Saya sering memakai ini karena teksturnya halus. Untuk menghasilkan gambar yang berbeda, saya juga menggunakan kertas linen dan canson karena teksturnya yang agak kasar menyerupai kain.



6. Cutter / Rautan
Cutter atau rautan digunakan untuk meraut  dan memperuncing pensil ketika pensil sudah mulai pendek/habis (bujel)



Selamat menggambar....

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara menggambar Wajah Realis dari Foto untuk Pemula dengan Metode Grid

Cara Menggambar Wajah Manusia dengan Mudah dan Cepat (Simple Sketch)

Jenis-jenis Arsiran dalam Menggambar