Jenis-jenis Arsiran dalam Menggambar

Jenis Arsiran dalam Menggambar

Menggambar dengan tenik arsir, biasanya cara mengarsirnya dilakukan dengan cara menyilangkan pensil secara satu arah. Sehingga teknik tersebut di ulang-ulang hingga mendapatkan goresan yang sesuai.
Jenis arsir yang populer adalah tebal tipis. Untuk bisa menghasilkan suatu arsiran yang tebal ataupun tipis diperlukan upaya seperti memiringkan pensil dan juga harus mengatur penekanan saat mengarsir. 



Berikut beberapa jenis goresan arsir antara lain :

Arsiran satu arah (hatching)
Pada teknik ini pensil  digoreskan dalam arah yang sama. Sehingga terlihat barisan garis sejajar dan searah. Semakin sering kita menggores maka akan timbul efek lebih gelap karena semakin padat dan menumpuknya garis akan menambah massa garis menjadi lebih tebal sehingga terbentuk efek ilusi volume terang bayang.



Arsiran silang (cross hatching)
Teknik ini mirip dengan arsiran satu arah, namun terjadi persilangan arah dari goresan pensil tersebut. Pada bagian yang ingin diarsir lebih gelap dapat juga goresan ditumpuk dengan menggunakan arah garis yang berbeda.



Arsiran searah kontur (contour hatcing)
Pada teknik ini goresan arsir pada pensil mengikuti bentuk kontur bidang yang ingin diarsir, maka akan terlihat volume pada benda tersebut. Biasanya teknik ini digunakan pada menggambar figur manusia, hewan dan tumbuhan.



Arsiran coretan bebas (scumbling)
Pada teknik ini arsiran berbentuk corat-coret bebas. Biasanya goresan tidak berupa garis namun seperti coretan bebas. Coretan bebas ini akan lebih menarik bila arah goresan dapat dirubah secara acak membentuk ilusi volume yang diinginkan.



Comments

  1. Ternyata hasil yang di dapat bisa sebagus begitu yah dari sebuah pensil...
    simak juga artikel ku nh ya Mbappe Pilih Bertahan di PSG

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Cara menggambar Wajah Realis dari Foto untuk Pemula dengan Metode Grid

Cara Menggambar Wajah Manusia dengan Mudah dan Cepat (Simple Sketch)